BOLPOIN KERTAS

    Pada kesempatan pertama saya akan memberitahukan bagaimana membuat bolpoin dari kertas bekas, mungkin di rumah kalian yang ayahnya setiap pagi membaca koran setelah korannya bertambah banyak setiap hari atau kumpulan kertas bekas yang sudah tidak dipakai dan tak tahu mau diapakan lagi, ya.......  mungkin kebanyakan setelah terkumpul banyak dijual ketukang loak. Tapi!!! mulai kali ini setelah membaca tentang tulisan ini mungkin kamu akan berpikir ulang lagi untuk menjualnya, dari pada dijual lebih baik kamu buat sesuatu dengan koran bekas ini misalnya ????? BOLPOIN KERTAS......   walaupun cuman coba-coba tapikan tidak ada ruginya.......

 Tapi lebih baik kalian catat dulu alamat blog ini sebelum kalian meninggalkannya mungkin sewaktu-waktu berguna oke..... baiklah langsung saja ini dia yang kita perlukan.


  • Bahan                                            


  • Alat-alat


Untuk membuat Bolpoin Kertas dibagi 2 bagian: bagian-utama dan bagian- tutup.



1.BAGIAN UTAMA

     Untuk bagian-utama pertama-tama kita baca DO'A dulu............sudah, supaya dalam mebuatnya lancar dan sesuai keinginan. Oke..........selanjutnya kita potong kertas koran dengan ukuran 57.5 cm x 17 cm.

     Setelah itu kita gulung sebelum menggulung kertas kita lipat bagian sisi kira-kira 8 cm.

     Sisakan sedikit lubang di bagian tengah untuk di isi "isi bolpoin", setelah diisi "isi bolpoin" kita gulung lagi agar isi bolpoin tidak mudah lepas, tapi jangan terlalu kencang agar kalau "isi bolpoin" sudah habis bisa dilepas dan diganti dengan yang baru dan setelah kencang kita beri lem bagian ujung kertas.



     Untuk diameter kita sesuaikan dengan "isi bolpoin" apabila sudah sesuai ,kencang, "isi bolpen" tidak mudah lepas, bisa di keluar dan dimasukan kembali tidak perlu diukur berapa diameternya. Selanjutnya keluarkan "isi bolpoin" lalu kita potong dengan panjang 14 cm (pilih pada bagian yang bagus), dan bagian ujung kita tipiskan dengan ukuran 3mm dan 4 mm (atau sesuai keinginan).

     Setelah itu beri lem dan rapikan.


     Proses terakhir untuk bagian ini adalah menempelkan kertas yang mempunyai warna menarik sesuai selera atau mau seperti ini saja juga tidak apa-apa..........potong majalah/brosur yang menurut kalian mempunyai gambar atau kata-kata yang menarik kira-kira 14 cm x 4 cm setelah itu kita tempelkan di bagian-utama, sisakan kira-kira 5 mm pada bagian ujung bawah dan 1 mm untuk bagian ujung atas. 


     Kita gulung dan kita beri lem. 

     Selanjutnya potong ujung bawah menjadi 8 bagian kemudian lipat kedalam dan dilem dan juga dilubangi, ujung atas dipotong dan rapikan.

     Berikutnya kita tutup bagian ujung atas menggunakan kertas yang sesuai keinginan.

     Akhirnya selesai juga untuk bagian-utama sekarang kita lanjutkan kebagian -tutup.........


2. BAGIAN TUTUP

    Pertama-tama untuk membuat bagian-tutup kita baca DO'A dulu. oke.............selanjutnya kita siapkan kertas koran dengan ukuran 57.5 cm x 10 cm.

     Kita lipat kira-kira 8 cm seperti kita akan menggulung bagian-utama, setelah itu gulung kertas dan sisipkan bagian-utama di dalamnya sebagian saja bagian ujung atas, dan setelah bagian-tutup kira-kira sudah kuat dan bagian-utama tidak mudah lepas tapi jangan terlalu kencang agar mudah dilepas dan dimasukan kembali, maka keluarkan bagian-utama dan beri lem.



     Selanjutnya kita potong dengan panjang 6 cm di bagian yang terbaik agar rapi bagian atas dan bagian bawah selanjutnya beri lem kedua bagian tersebut.

     Tutup bagian atas dengan menggunakan sisa potongan bagian-utama kira-kira 1 cm dan beri lem bagian sisinya setelah dimasukan, lem juga bagian atasnya. 

     Bagian terakhir adalah menempelkan kertas majalah atau apapun  yang mempunyai kata atau gambar menarik potong dengan ukuran 7 cm x 5 cm, beri jarak sesuai garis untuk menempelkan pada bagian atas agar tulisan atau gambar yang dimaksud berada di tempat yang diinginkan.



     Potong bagian atas kira-kira 1 cm dan potong menjadi 8 bagian, setelah itu lipat kedalam (seperti bagian utama) dan beri lem.

     Untuk bagian bawah potong kira-kira sisakan 2 mm, rapikan dan dilem.


dan................

inilah jadinya.




     Sudah jadi kita bisa menggunakannya untuk menulis untuk hiasan atau untuk apalah, bagaimana mudah kan atau susah......tidak apa-apa yang penting coba lagi dan lagi, apabila ada yang kurang jelas atau aneh mungkin he............ silahkan komentarnya.







.Gerakan Peduli Lingkungan Mari Kita Manfaatkan Barang-barang Bekas Yang Sudah Tidak Digunakan Lagi.




8 komentar:

  1. Ide yang bagus,....teruskan dan kembangkan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke pak, masih banyak yang lainya.................

      Hapus
  2. mantap bro,, keren blog n postingnya ^^b
    visit my blog too..
    kangeryu.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kreatif gan ...bisa di praktekkan.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Kalo boleh saran, tolong kasih fideo tutorialnya

    BalasHapus
  5. Gambling with Gambling on Google Play - Dr.MCD
    Gambling is addictive. 경상북도 출장샵 There's always 제주도 출장샵 a feeling of euphoria, and the sensation of euphoria 여수 출장마사지 intensifies with each 파주 출장안마 moment. Then you can feel the urge 제천 출장마사지 to

    BalasHapus

Adbox

@templatesyard