WAYANG KARDUS


    Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat terkenal. Banyak jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia. Jika sebelumnya kita telah membahas cara membuat wayang Gatot Kaca dari barang plastik, kali ini kita akan membuat wayang dengan versi lain yaitu dengan menggunakan bahan dari kardus bekas. 

Bahan:

Alat:

1. Bagian lengan
Siapkan kardus bekas. Potong menjadi empat bagian dengan ukuran masing-masing 15 cm x 3 cm. 



    Kemudian tiap potongan digulung, sebelumnya pipihkan kardus terlebih dahulu agar mudah pada saat digulung. 


Buat 4 buah yang akan digunakan sebagai lengan


    Siapkan benang dan kawat. Benang berfungsi sebagai sambungan lengan wayang sedangkan kawat digunakan untuk memasukkan benang ke lubang kardus. 


    Gunakan masing-masing dua gulungan kardus untuk membuat lengan kanan dan kiri, agar tidak gampang lepas benangnya bisa diberi lem.


2. Bagian badan dan kepala
Potong kardus dengan ukuran 15 cm x 3 cm yang berfungsi sebagai badan wayang. 


Gulung kardus hingga menyerupai bentuk tabung kemudian lem. 


    Lubangi bagian samping kanan dan kiri badan untuk lengan wayang. Kemudian masukkan benang yang ada pada bagian lengan ke lubang yang ada di samping kanan kiri badan, beri lem benang pada bagian dalam agar tangan tidak lepas saat digerakan.


    Sebelum membuat bagian kepala wayang, tutup bagian badan dengan memotong kardus dengan bentuk lingkaran menjadi dua. Masing-masing untuk tutup bagian atas dan bawah bagian badan wayang. Ukuran tutup sesuaikan dengan bagian atas dan bawah badan.
        

    Selanjutnya untuk bagian kepala potong kardus dengan ukuran 10 cm x 3,5 cm. Gulung kardus seperti saat membuat badan wayang.


Tutup bagian atas dan bawah kepala wayang.


    Tempelkan bagian kepala dengan bagian badan wayang, untuk tutup kepala yang bawah rapikan seperti contoh.




3. Bagian akhir
    Bagian akhir yaitu pemberian ornamen dan penggerak pada wayang. Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik bisa ditambahkan mata dan mulut pada bagian kepala wayang. Untuk membuat mata potong kardus dengan bentuk lingkaran kecil menjadi dua bagian dan untuk mulut potong kardus dengan bentuk persegi panjang. 


Selanjutnya tempelkan pada bagian depan kepala wayang.


    Dan sebagai penggerak wayang, siapkan dua tusuk sate. Ikatkan dengan ujung benang yang ada pada bagian tangan wayang dan beri lem agar tidak mudah lepas.


    Sedangkan bagian bawah gunakan bambu kecil yang berfungsi sebagai pegangan. Lubangi bagian bawah badan wayah untuk memasukkan bambu.


    Agar lebih menarik warnai wayang sesuai selera masing-masing. Inilah hasil akhir dari wayang kardus.



 
Video lengkapnya bisa juga dilihat di youtube.
Semoga bermanfaat, terima kasih...



.Gerakan Peduli Lingkungan Mari Kita Manfaatkan Barang-barang Bekas Yang Sudah Tidak Digunakan Lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard